Selasa, 26 Oktober 2010

E-Commerce Dan Perkembangannya di Indonesia

Pendahuluan

Saya akan menjelaskan tentang e-commerce serta perkembangannya di Indonesia itu bagaimana sih? Saya akan coba menjelaskan sedikit tentang e-commerce itu sendiri.
e-commerce adalah website yang menjelaskan serta menyediakan lahan untuk bertransaksi secara online. Dapat dikatakan secara online karena pada saat itu juga langsung berhubungan langsung dengan orang yang ditujunya dengan jalur internet atau kata lainnya website. Didalam e-commerce itu sendiri terdapat banyak jenis marketing sekaligus jenis-jenis operasional yang diperuntukkan dalam bidang perdagangan. E-commerce merupakan subperangkat E-bisnis yang cara pembayarannya secara digital, seperti melalui paypal ataupun kartu kredit, sedangkan kalau E-bisnis itu lebih mengacu kepada internet atau jangkauan luas lainnya.

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya jelaskan dibagian kolom pendahuluan ini. Untuk lebih jelasnya saya akan menjelaskan pada kolom pembahasan.

Tinjauan Pustaka

Menurut Para Ahlinya, yaitu :

Menurut Riset Forrester, ”Perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011 “ .


Pembahasan

E-commerce yaitu Sejenis transaksi yang dilakukan secara online melalui via internet atau bisa dikatakan belanja secara online melalui internet. Banyak sekali keuntungan yang diperolehnya. Yaitu berupa keamanan fleksibilitas serta sangat terbilang efisien.
Cara pembayarannya pun melalui pembayaran digital secara E-gold (pembayaran yang dilakukan bila melalui jalur online via internet).
Pengunjung websitenya pun bisa melihat barang atau produk yang diperjual-belikannya secara online (24 jam sehari). Serta jika pengunjung berminat terhadap barangnya itu, maka pemilik website akan segera mengirim korespondensinya melalui via e-mail. Tergantung kesepakatan antara dua belah pihak yang bersangkutan.
Dalam menjalankan berbagai misinya ini, berbelanja di web memerlukan koneksi internet dan browser yang mendukung transaksi elektronik yang aman, seperti Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator. Microsoft dan Netscape, bekerja sama dengan perusahaan kartu kredit (Visa dan MasterCard), serta perusahaan-perusahaan internet security (seperti VeriSign), telah membuat standar enkripsi khusus yang membuat transaksi melalui web menjadi sangat aman. Bahkan, Visa dan MasterCard menyediakan jaminan keamanan 100% kepada pengguna credit cardnya yang menggunakan e-com.
Di Indonesia pun layanan E-commerce pun sudah seringkali dilakukan oleh para penggunanya. Karena mungkin kegiatan ini bisa dibilang sagatlah mudah sekali serta lebih efisien. Karena dilakukan dengan via internet (perdagangan melalui online). Oleh karena itu banyak sekali yang sangat meminati kegiatan pada jalur ini.
Adapun proses-proses yang terdapat dalam E-commerce adalah sebagai berikut, yaitu :
1.Secara otomatis account dari pembeli akan terjaga secara aman.
2.Pembayaran yang dilakukan dapat secara langsung (online) serta penanganan transaksi.
3.Presentasi electronis untuk produk dan layanan pada pembuatan website.
4.Pemesanannya dapat secara langsung dan tersedia pula tagihannya.
Disamping itu ada juga keuntungan dari penggunaan layanan E-commerce, yaitu :
1.Meningkatkan sumber pendapatan dengan menggunakan online channel, serta biayanya pun relatif murah.
2.Mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas, seperti biaya pos surat, pencetakan, report, faksimili, dan sebagainya.
3.Mempercepat pelayanan terhadap pelanggan dan pelayanan lebih terkesan responsif.

Didalam E-commerce pastilah ada dampak positif serta negativ dari jenis jalur perdagangan ini.
Dampak Postifnya, yaitu :
1.Melebarkan jangkauan
2.Memperpendek waktu produksi
3.Menurunkan jenis biaya opersional
4.Meningkatkan supplier management
5.Meningkatkan mata rantai pencaharian / pendapatan
Dampak Negativnya, yaitu :
1.Pencurian informasi rahasia. Maksudnya yaitu gangguan yang timbul yang mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
2.Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan situsnya itu dibobol oleh seorang hacker. Setelah itu dengan mudahnya dia memindahkan semuanya itu kedalam rekeningnya dia sendiri.
3.Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini biasanya disebabkan oleh berbagai faktor, seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan yang bersangkutan.
4.Kerugian yang tidak terduga. Biasa terjadi jika dilakukan dengan sengaja, praktek bisnis yang tidak benar, ketidakjujuran, kesalahan faktor manusia atau sistem elektroniknya.
5.Kehilangan segi finansial secara lansung karena modus curang. Penipu tersebut mentransfer semua jumlah hasil yang ada dari rekening satu ke rekening yang lainnya, dan mengganti semua data finansial yang ada.


Penutup

Kesimpulan
Dari kesimpulan tentang semuanya itu, maka yang saya dapat adalah bahwa E-commerce itu merupakan jenis jalur pedagangan yang biasanya dilakukan melalui via online. Dan penggunaanya pun terbilang sangat relaif efisien dan biayanya pun cukup murah. Dan peminatnya pun sangat banyak.
Saran
Saran dari saya, seharusnya bila ingin melakukan jenis perdagangan E-commerce ini harus lebih teliti serta memikirkan dengan matang lagi agar tidak mudah tertipu ataupun terhasut oleh pihak-pihak lain yang berusaha dengan berbagai cara menghalalkan sesuatunya itu demi untuk kepentingan pribadinya.


Referensi
-file://localhost/C:/Documents%20and%20Settings/user1/My%20Documents/makalah-e-commerce.html
-http://www.resep.web.id/bisnis-keuangan/perdagangan-elektronik-e-commerce-perkembangan-dan-prospeknya-di-indonesia.htm
-http://blog.ub.ac.id/doniiifirdana/2010/03/11/perkembangan-e-commerce/
-http://www.matabumi.com/cerita/perkembangan-e-commerce-di-indonesia
-http://go-kerja.com/komponen-e-commerce/
-http://blog.mojopia.com/2009/11/06/telkom-luncurkan-mojopia-untuk-mendukung-perkembangan-e-commerce-dan-kewiraswastaan/comment-page-2/
-http://duabelasblogs.blogspot.com/2010/06/e-commerce-perkembangan-teknologi.html
-http://e-commerce.site90.net/2008/10/03/perkembangan-e-commerce/
http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik
-option=com_content&view=article&id=21%3Aperkembangan-e-commerce-di-indonesia&catid=10%3Ae-commerce&Itemid=15&lang=en
-commerce-perkembangan-dan-prospeknya-di-indonesia.htm
http://www.lawskripsi.com/index.php?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar