Selasa, 26 Oktober 2010

Evolusi system informasi manajemen berdasarkan CBIS (Computer Base Information System)

Pendahuluan

Seperti yang kita ketahui bahwa CBIS adalah suatu sistem pengolahan data menjadi sebuah informasi yang sangat akurat yang hubungan sangat terkait kepada pengambilan keputusan,koordinasi,serta visualis dan analisis. Dan didukung pula dengan media-media yang ada didalamnya,yaitu data,informasi,sistem,sistem informasi dan basis pada komputer.

Semua perangkat yang ada pada CBIS itu lah yang membantu dalam mengembangkan sesuatu jenis data yang dibuat yang bermanfaat sebagai sebuah sumber informasi yang dapat dikembangkan dengan berbagai media yang mendukung semua jenis kegiatan itu.. Dan tak lepas dari semuanya itu, komputer sangatlah erat kaitannya. Yaitu salah satu faktor utama yang berfungsi sebagai pengolah informasi menjadi sebuah data.

Beberapa hal yang saya jelaskan diatas merupakan sebagian kecil dari materi yang saya bahas.
Untuk lebih jelasnya, saya akan membahas semuanya itu pada kolom pembahasan.


Tinjauan Pustaka

Berikut adalah yang dikemukakan oleh para ahli mengenai evolusi system berdasarkan CBIS (Computer Base Information System) :

Menurut Akmal darmawan syarief : “Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer-based” atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer.”

Lina, mengemukakan bahwa “Komputer-Based Information Sistems (CBIS
Information specialist :
Adalah Orang yang bertanggung jawab dalam pengembangan dan pemeliharaan sistem berbasis komputer.”

Tiwi(2008), mengatakan : “Secara teori, penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer.”


Pembahasan

Berikut ini saya akan membahas tentang CBIS terutama media-media yang terkandung didalamnya. Mulai dari data,informasi,sistem,sistem informasi,serta basis komputer.
Berikut adalah penjelasannya.

Data
Merupakan sesuatu yang menggambarkan tentang suatu kejadian yang nyata sebagai bahan yang akan dibentuk dalam mengambil sebuah informasi yang akurat.

Informasi
Merupakan suatu hasil yang terjadi pada pengolahan data semula yang sangat berguna untuk para penerimanya dan biasanya digunakan sebagai pengambilan suatu keputusan.

Sistem
Merupakan suatu objek yang beberapa komponennya sangat saling berkaitan satu dengan yang lainnya.

Sistem Informasi
Merupakan penyedia segala sumber informasi yang berkualitas dan sangatlah akurat.

Berbasis Komputer
Maksudnya ”Berbasis Komputer” berarti bahwa komputer sebagai alat yang sangat penting kaitannya dalam mengolah sebuah informasi yang akurat serta efisien.

Sub Sistem dari Sistem Informasi Berbasis Komputer
Sub sistem dari CBIS adalah :
1.Sistem Informasi Akuntansi
2.Sistem Informasi Manajemen
3.Sistem Pendukung Keputusan
4.Automasi Kantor
5.Sistem Pakar

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (SIA)
Adalah sistem informasi yang melaksanakan tugasnya terutama pada bidang akuntansi. Sistem informasi ini juga dilengkapi dengan database. Tugas utama sistem informasi dibidang ini,yaitu :
oPengumpulan data
oManipulasi data
oPenyimpanan data
oMenyediakan dokumen



Pengumpulan data
Sistem pengolahan yang dalam pengambilan datanya dengan cara mencatat segala jenis transaksi yang telah dilakukan,kemudian dijelaskan dengan sebuah catatan data.

Manipulasi data
Yaitu jenis kegiatan yang mengubah informasi menjadi sebuah data. Manipulasi data, dapat meliputi :
oClassification, yaitu untuk mengidentifikasi jenis pengelompokkan data dengan teknik pengkodean.
oSorting, yaitu teknik pengurutan sejumlah data berdasarkan kode-kodenya.
oCalculating, yaitu teknik perhitungan melalui operasi logika dan aritmatika yang dilakukan pada elemen data yang bersangkutan.
oSummarizing, yaitu teknik penyimpulan dari sejumlah data yang ada dan kemudian bisa dihitung jumlah totalnya serta rata-ratanya.

Penyimpanan data
Sejumlah data yang sudah didapat kemudian dapat disimpan dalam media jenis sekunder. Dan kemudian dapat diintegrasikan melalui database.


Menyediakan dokumen
Menyediakan beberapa informasi, baik didalam maupun diluar dari perusahaan yang bersangkutan.

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Adalah suatu sistem berbasis database komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa. Para pemakai biasanya membentuk suatu entitas formal perusahaan atau subunit dibawahnya

Sumber daya SIM
Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem perusahaan tentang apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang, dan apa yang mungkin terjadi di masa yang akan datang. Informasi tersebut tersedia didalam laporan periodik, laporan khusus, dan hasil simulasi matematika, output informasi tersebut digunakan manajer saat mereka membuat keputusan untuk pemecahan masalah.
Semua informasi tersebut memiliki karakteristik yang sama untuk bidang area fungsional (marketing, manufaktur, sdm, dan keuangan), level manajemen (operational, manajerial, dan strategis), dan user (manajer atau non manajer) SIM informasi memperoleh data dari database, dimana database tersebut berisi data dan informasi dari SIA dan dari lingkungan.
Suatu SIM bisa juga merupakan suatu sistem informasi antar organisasi (IOS) jika SIM terkoneksi dengan SIM pada perusahaan lain misalnya dengan Suplier.


SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN
Dalam mengambil keputusan biasanya diperlukan berbagai macam teknik yang biasa disebut ”PROBLEM SOLVER”. Dan keputusan yang diambilpun tidak boleh merugikan berbagai pihak yang bersangkutan. Dan harus sama-sama saling menguntungkan satu sama lainnya.

SISTEM PAKAR
Adalah sebuah sistem informasi yang memiliki inteligensia yang menyerupai intelegent manusia.yang bertujuan menyediakan dukungan serta pemecahan tingkat tinggi.
Karakteristik Sistem Pakar,yaitu :
• Memiliki kemampuan belajar atau memahami masalah dari pengalaman.
• Memberikan tanggapan yang cepat dan memuaskan terhadap situasi baru.
• Mampu menangani masalah yang kompleks (semi terstruktur).
• Memecahkan masalah dengan penalaran.
• Menggunakan pengetahuan untuk menyelasaikan masalah.
Bagian Sistem Pakar
User Interface, adalah bagian yang memungkinkan manajer mamasukan instruksi dan informasi kedalam dan menerima informasi dari sistem pakar.
1.Input terdapat empat metode yaitu
• Menu
• Commands
• Natural Languange
• Customized Interfaces
2.Output Sistem Pakar , antara lain:
• Penjelasan dari pertanyaan
• Penjelasan dari penyelesaian masalah
3.Knowledge Base, adalah bagian yang memuat fakta-fakta yang menjelaskan area masalah, dan juga teknik menerangkan masalah yang menjelaskan bagaimana fakta-fakta tersebut cocok satu dengan yang lain dalam urutan yang logis. Istilah problem domain digunakan untuk menjelaskan area masalah.
4.Interference Engine, adalah bagian dari sistem pakar yang melakukan penalaran dengan menggunakan isi knowledge base berdasarkan urutan tertentu. Selama konsultasi, interference engine menguji aturan-aturan satu persatu dan ketika kondisi benar naka satu tindakan diambil.
5.Development Engine, adalah alat yang digunakan untuk menciptakan sistem pakar, dalam hal ini dua alat yang biasa digunakan adalah bahasa pemrograman dan ES shell.

AUTOMASI KANTOR
Biasa disebut dengan kantor virtual. Yang kegiatannya terutama masih berkaitan dengan komunikasi antar orang-orang yang ada didalam lingkup suatu perusahaan yang bersangkutan maupun yang ada diluar lingkupnya. Penggunaannya tersebut dapat terbagi menjadi empat kategori, yaitu :
• Manajer, yang bertanggung jawab dalam mengelola sumber daya perusahaan.
• Profesional, tidak mengelola tetapi menyumbangkan keahlian khusus yang membedakan mereka dengan sekretaris dan pegawai administrasi.
• Sekretaris, ditugaskan untuk membantu pekerja terdidik (Manajer & Profesional) untuk melaksanakan berbagai tugas korespondensi, menjawab telepon, dan mengatur jadwal pertemuan.
• Pegawai Administrasi, melaksanakan tugas-tugas untuk sekretaris, seperti mengioperasikan mesin fotokopi, menyususn dokumen, menyimpan dokumen, dan mengirim surat.
Tujuan dari automasi kantor adalah :
• Menghindari Biaya, komputer tidak dapat menggantikan pegawai saat ini, tetapi setidaknya menunda penambahan poegawai yang diperlukan untuk menangani penambahan beban kerja,
• Pemecahan Masalah kelompok, memberikan kontribusi untuk komunikasi antar manajer.

Penutup

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat saya ambil adalah, bahwa CBIS itu banyaklah sekali manfaat yang bisa diambil bila memakai sistem informasi ini. Salah satu yang paling utamanya yaitu lebih efisien dalam mengolah suatu data menjadi sebuah informasi. Karena diolahnya menggunakan suatu alat yaitu ”Computered Based” yang didukung oleh beberapa media-media pendukungnya.

Saran
Saran saya seharusnya, bila para pemakai alat untuk mengolah data yang berbasis pada komputer, harus lah lebih memahami yg mendalam tentang komponen-komponennya maupun pendukung lain yang terdapat didalamnya.
Agar semua yang disampaikannya jelas dan dapat diketahui maksudnya.


Referensi

-file:///C:/Documents%20and%20Settings/user1/My%20Documents/cbis-computer-based-information-system.html
-http://kibaw90.wordpress.com/2010/01/09/kesimpulan-dari-pelajaran-sim-1/
-http://akmaldarmawansyarief.blogspot.com/2009/11/cbis-computer-based-information-system.html
-http://kibaw90.wordpress.com/2010/01/
- http://li3zn4-lisna.blogspot.com/2009/04/perkembangan-sistem-informasi-berbasis.html
- http://www.scribd.com/doc/25248652/Pengantar-Sistem-Informasi-Berbasis-Komputer
- http://bambang-i.blogstudent.mb.ipb.ac.id/
- http://fansbuku.blogspot.com/2010/06/kerangka-untuk-pemeriksaan-keterlibatan.html
- http://akmaldarmawansyarief.blogspot.com/2009/11/cbis-computer-based-information-system.html
- http://tiwibanggetz.blog.friendster.com/2008/10/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar