Selasa, 26 Oktober 2010

Teknologi perdagangan melalui jaringan elektronik pada masa kini

Pendahuluan

Pada era sekarang ini, jenis teknologi perdagangan elektronik, sudah terbilang cukup canggih, terutama pada bidang internet. Tentunya semua sudah mengenal apa itu internet. Begitu pula dengan sebuah perusahaan yang memakai jasa internet, untuk melakukan perdagangan yang khususnya dalam bidang elektronik. Semua itu digunakan terutama untuk mengetahui suatu informasi yang nantinya sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Tinjauan Pustaka

Menurut Raymond Mcleod ”[Sistem Informasi Manajemen, 2001, 72] Komunikasi data adalah bidang komputasi yang sedang mendapatkan perhatian penting besar, dengan internet dalam sorotan.”

Pembahasan

Teknologi perdagangan elektronik yang saat ini mulai berkembang di Indonesia adalah Internet. Internet dapat berfungsi sebagai jalur perdagangan jaringan elektronik secara online yang biasa sering dipakai oleh masyarakat pada umumnya untuk melakukan kegiatan perdagangan. Karena dari internet inilah para pelanggan lebih efisien untuk memilih jenis barang yang diinginkannya. Sehingga banyak sekali jenis pilihan yang menggiurkan yang tak menutup kemungkinan, kemudian jenis perdagangan melalui jaringan elektronik ini sangat diminati oleh para penggunanya.

Perdagangan melalui Jaringan Elektronik ada 2 jenis, yaitu :
1.Bussiness to Customer (B2C)
Jenis perdagangan yang berhubungan dengan transaksi antara sebuah perusahaan dengan para pemakai produk barang yang diperjual belikan.
2.Bussiness to Bussiness (B2B)
Jenis perdagangan yang berhubungan dengan transaksi antara perusahaan satu dengan yang lainnya, tanpa melibatkan para pemakai produk di akhir periode yang telah ditetapkan.

Strategi Perdagangan Elektronik

Setiap masalah yang timbul dalam melakukan jenis perdagangan ini, pastilah ada solusi untuk mengatasinya. Situasi ini kemudian dapat diterapkan untuk permasalahan menentukan strategi terbaik perdagangan melalui jaringan elektronik. Namun, strategi yang paling penting disebut adalah strategi yang elemen-elemennya dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Nama yang diberikan untuk strategi ini adalah sistem antar-organisasi (IOS). istilah lain adalah EDI, yang berarti penukaran data elektronik. Kedua istilah tersebut sering digunakan bergantian, tetapi jika dibuat suatu perbedaan, EDI dianggap subset dari IOS pertukaran data elektronik adalah cara untuk mencapai sistem antar-organisasi.

Manfaat dari perdagangan melalui jaringan elektronik secara umum, yaitu :
• Pelayanan pelanggan yang lebih baik
• Hubungan dengan pemsok dan masyarakat keuangan yang lebih baik
• Pengembalian atas investasi pemegang saham, dan pemilik yang meningkat

Kendala dari perdagangan melalui jaringan elektronik secara umum :
-Masalah keamanan
-Perangkat lunak tidak tersedia atau belum memadai
-Biaya yang terbilang cukup tinggi (relatif mahal)
-Meningkatnya individualisme
-Tidak manusiawi

Dari segi pengelompokkan manfaatnya, dapat dilihat dari :
Keuntungan bagi perusahaan
a.Perluasan jaringan mitra bisnis. Pada perdagangan tradisional, sangatlah sulit suatu perusahaan, menemukan letak geografis mitra bisnisnyayang berada di negara lain ataupun benua lain.
b.Efisien. Terbilang sangat efisien, karena setiap perusahaan tidak memerlukan peralatan untuk menjalankan bisnis ini, dan hanya butuh internet semata. Dan menurunkan segala tingkat biaya operasional, agar terkesan tidak mahal. Karena dijalankan melalui jalur online.
c.Perluasan pasar. Jangkauan akan semakin sangat luas, karena tidak dibatasi oleh letak geografis dimanapun perusahaan itu berada.
d.Memperpendek Jarak. Perusahaan-perusahaan dapat lebih mendekatkan diri dengan konsumen.Dengan hanya mengklik link-link yang ada pada situs-situs. konsumen dapat menuju ke perusahaan dimana pun saat mereka berada.

Keuntungan bagi para konsumen
a.Fleksibel. Konsumen dapat melakukan transaksi dari berbagai lokasi, baik rumah, kantor, warnet, dan lain sebagainya.
b.Efektif. Konsumen dapat memperoleh informasi tentang produk dan jasa yang ditawarkan sekaligus bertransaksi dengan cepat dan murah.
c.Aman secara fisik. Konsumen tidak perlu mendatangi toko tempat perusahaan menjajakan barangnya dan ini memungkinkan konsumen dapat bertransaksi dengan aman sebab didaerah-daerah tertentu mungkin sangat berbahaya jika berkendaraan dan membawa uang tunai dalam jumlah yang sangat besar.

Keuntungan bagi masyarakat umum
a.Meningkatkan kualitas sumber daya manusia
b.Membuka peluang kerja baru
c.Menguntungkan dunia akademis
d.Mengurangi polusi serta pencemaran lingkungan.

Penutup

Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat saya ambil, bahwa ternyata internet sangatlah penting dalam menjalankan suatu kegiatan terutama dalam bisnis perdagangan yang dikhususkan pada jaringan elektronik. Karena lebih efisien dan biaya yang dikeluarkan tidak begitu banyak.

Saran
Saran saya, pastinya dalam bisnis melalui internet terkadang adapula kendala yang seringkali dihadapi oleh para penggunanya. Dan kendala itupun haruslah dapat dicari solusi pemecahannya. Agar setiap kegiatan yang dijalankan dapat berjalan dengan baik. Tanpa harus ada yang merugi sekalipun.

Referensi

-http://d3nd1mh.wordpress.com/2009/12/31/e-commerce/
-http://www.tugaskomputersaya.web.id/?p=3
-http://tomdjoke.blogspot.com/2010/01/e-commerce.html
-http://www.simplearning.co.cc/2010/01/rangkuman-sistem-informasi- manajemen-1.html
-http://gerudawjarit.blogspot.com/2009/12/menggunakan-teknologi-informasi-dalam.html
-http://gestisuria.blogspot.com/2010/01/tugas-ke-v-sim.htmlhttp://www.tugaskomputersaya.web.id/?p=3
-community.gunadarma.ac.id/blog/view/id_8371/title_e-commerce/
-http://karlenaindriani.wordpress.com/category/makalah-pribadi/teknologi-informasi-untuk-perdagangan-melalui-jaringan-elektronika/
-http://www.scribd.com/doc/15081926/MAKALAH-TEKNOLOGI-INFORMASI
-http://my.opera.com/pengenbisa/blog/2010/06/15/peran-teknologi-dalam-bisnis-perdagangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar