Selasa, 26 Oktober 2010

Mengulas Seputar Electronic Data Interchange (EDI) & Information Organisation System (IOS)

Pendahuluan

Pertama-tama izinkanlah saya untuk menjelaskan tentang materi yang saya bahas ini. Yaitu mengenai EDI & IOS.
EDI (Electronic Data Interchange) adalah pertukaran data elektronik yang dilakukan untuk mencapai sistem suatu organisasi. Sedangkan IOS (Information Organisation System), yaitu Sistem yang dilakukan antar organisasi satu dengan yang lainnya.
Mungkin lebih jelasnya saya akan menjelaskan semuanya pada kolom pembahasan.

Tinjauan Pustaka

Banyak sekali sesuatu yang diketahui oleh para ahli mengenai EDI & IOS ini,tetapi yang saya ketahui adalah hanya sebagian kecilnya saja. Yaitu :

Artikel yang di tulis dalam situs hadianyana.wordpress.com dengan judul EDI (Electronic Data Interchange) yang membahas tentang defenisi,tujuan,komponen EDI

“Menurut kamus TI Pengertian EDI Adalah Metode untuk saling bertukar data bisnis atau transaksi secara elektronik melalui jaringan komputer.”

Buku yang ditulis oleh Budiyono, S. dengan judul Sistem Informasi Antar Organisasi Dan Global yang membahas tentang IOS dan klasifikasi IOS berdasar teknologinya.

Pembahasan

Pengertian EDI (Electronic Data Interchange)

Pengertian EDI (Electronic Data Interchange) adalah salah satu metode pertukaran bisnis yang mengacu pada bidang bisnis yang sangat komersial dengan menggunakan standar format yang telah ditentukan serta disepakati bersama oleh sebagian besar organisasi-organisasi yang ada.

Tujuan diberlakukan EDI adalah agar dapat membantu para pelaku bisnis untuk mengolah suatu dokumen dengan pihak lain dengan akurat,cepat serta efisien dalam penyelesaiannya. Apabila proses tersebut dilaksanakan dengan sebaik mungkin, maka akan terjalin komunikasi yang sangat baik antar sesama pelaku kegiatan bisnis baik secara internal maupun eksternal.

Cara Kerja EDI

Ada pun cara kerja EDI adalah sebagai berikut :
1.Komunikasi
Komunukasi pada EDI sangat penting sekali dan bersifat konvensional, karen dilakukan dengan menggunakan mesin, yaitu komputer, sehingga terbentuk suatu infrastruktur komunikasi. Dapat pula dikembangkan lagi menjadi point to point, yakni hubungan langsung antar dua perusahaan yang menjalankan ssuatu transaksi.
2.Pesan Standar
Mula-mula pesan standar ini berupa text, yang kemudian dikembangkan secara menyeluruh bertahap demi bertahap, untuk suatu informasi.
3.EDI Converter
Berfungsi sebagai Penterjemah pesan standar EDI kedalam suatu file. Dan juga harus terintegrasi oleh apliksai bisnis yang dipakai.

Disamping itu ternyata ada pula kelebihan serta kelemahan dalam penerapan EDI.
Kelebihan :
• Meningkatkan supplier management
• Menurunkan biaya operasional
• Memperpendek waktu
• Mengurangi informasi data yang berkembang
Kelemahan :
Implementasinya sangatlah tertutup, sehingga membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan relif mahal.dengan munculnya EDI (over)Internet, diharapkan dapat membantu mengurangi biaya dan menekankan semua biayanya itu dengan menggunakan internet.

Tingkat Penerapan EDI

Tiga tingkat penggunaan yang berbeda, yaitu :

• Pemakai tingkat satu, hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.
• Pemakai tingkat dua, banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang, melampaui lini industri.
• Pemakai tingkat tiga, bukan Cuma banyak set transaksi yang ditransmisikan ke banyak mitra dagang, tetapi aplikasi computer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI.

Tujuan tingkat satu dan dua adalah mengubah dokumen kertas menjadi elektronik.


Pengertian IOS (Information Organisation System)

Adalah suatu kombinasi yang dilakukan oleh suatu perusahaan yang terkait sebagai satu sistem tunggal yang bekerja sama membentuk suatu mitra bisnis dengan harapan memperoleh manfaat tertentu.

Manfaat IOS

1.Efisiensi secara komparatif : yaitu para mitra bisnis dapat menyediakan barang dan jasa lebih murah sehingga banyak para peminatnya. Sehingga timbul persaingan yang sehat antar sesamanya. Dan dapat terlihat perbandingannya.
2.Kekuatan tawar-menawar : kemampuan perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan pelanggan atau pemasok barang yang ingin menguntungkan dirinya sendiri, yang kemudian dapat disebut dengan kekuatan tawar menawar.

Kelebihan IOS

-Meningkatkan biaya peralihan
-Menurunkan biaya yang berhubungan dengan pencarian
-Keistimewaan produk yang unik.

Sebenarnya kunci dari berjalannya IOS ini yaitu terletak pada jaringan komunikasi data yang mengatur alur serta data informasi antar perusahaan dan mitra bisnisnya.

Klasifikasi IOS berdasarkan teknologinya

-Web services
-Extranets
-Electronic Data Interchange (EDI)
-XML


Penutup

Kesimpulan

Dari materi yang saya sudah bahas, saya dapat menyimpulkan bahwa sebenarnya ternyata EDI serta IOS saling berhubungan satu sama lainnya, yaitu sama –sama membentuk jalinan kerja dengan para pelanggan-pelanggannya untuk bertransaksi dan memasok suatu barang demi mencapai keuntungan dan tidak menitik beratkan pada kerugian. Dan sama-sama saling memberikan keuntungan dalam menjalani masing-masing jenis kegiatannya.

Saran

Saran saya, sebaiknya dalam menjalankan kegiatan ini, haruslah saling menguntungkan antara dua belah pihak. Sehingga tidak ada pihak-pihak lain yang merasa dirugikan.


Referensi

-http://cophetoes.blogspot.com/2010/10/electronic-data-interchange.html
-http://ebisnis.wordpress.com/materi/e-operasional-resource-management/
-http://updatenews.ddo.jp/is-conf.pdf
-http://www.teknokrat.ac.id/perangkat_ajar/New%20Folder/SIM/Pertemuan3_OSI/pertemuan_ke_3.PPT.pdf
-http://hadywibowo.wordpress.com/e-commerce/
-http://aminahhumairoh.wordpress.com/2010/01/
-http://updatenews.ddo.jp/is-conf.pdf
-http://prandiricosecretcode.blogspot.com/2009/12/sistem-antar-organisasi-ios.html
-http://blog.unila.ac.id/nurul170389/2009/03/14/elektronik-data-interchange/
-http://www.scribd.com/doc/25397858/perkembangan-Internet-IOS-EDI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar